Bintang Indrianto Festival

Bintang Indrianto lahir di Jakarta tanggal 02 Juni 1966, Putra pertama dari pasangan (Alm) Dicky Prawoto dan Indriati Dicky Prawoto, Suami dari Ernie Bintang serta Ayah dari Kevin dan Keegan.

Namanya sudah muncul di panggung jazz Indonesia sejak pertengahan 1980-an. Masuk formasi Dwiki’s (Dwiki Dharmawan) Quartet lalu gabung dengan Spirit Band. Sempat pula mendukung Bhaskara, Trigonia, Funky Thumb dan Band Desa, lalu juga menjadi session player, untuk show dan rekaman, antara lain ikut dalam rekaman Album Dewa 19, “signature” fretless bass lagu ‘Kangen’, dan Album Glenn Fredly “Signature” lagu Kasih Putih. Belakangan ini Bintang mulai dikenal sebagai Produser Musik yang karya-karya garapannya banyak membuat para musisi merasa puas dengan hasil yang di garapnya karna Bintang seorang yang perfeksionis dan detail juga ” Nyeleneh “.

Di akhir tahun 2001, Bintang berhasil me-release album pertama debutannya dengan judul Jazzy Bass: Light Jazz Instrumental, terdiri dari lagu-lagu gospel, dengan didukung oleh dua bassist handal popular yaitu Indro Hardjodikoro dan Mates.

Tahun 2002, Bintang Indrianto di dukung Victorius Music Production kali ini kembali menyajikan karya terbaiknya dengan menggandeng saksofonis Husein Arief Setiadi dan kawan-kawan lewat album anyar ke dua bertitel “Jazzy Duet – Light Jazz Instrumental”.Instrumen drum yang sebelum nya hanya dilakukan dengan ‘programming’ kali ini menghadirkan drummer Uce Haryono, yang menarik dalam album ini adalah bonus nomor keroncong bertitel ‘Give Thanks’ yang dibawakan Bintang Indrianto (Fretless Bass), Bang Saat (Ukulele/Cello), Dony Koeswinarno (flute), Oni Saunine (violin), dan Jalu G. Pratidina (Gendang). Pada tanggal 16 Agustus 2002 Bintang tampil dalam sebuah kegiatan bertajuk ‘Philips Smooth Jazz Concert’ dengan mengambil lokasi di Tennis Indoor Senayan Jakarta. Kemudian keluarlah Album ” Jazzy Sax ” yg Bintang persembahkan untuk sahabatnya ” AriefSetiadi “ , yg tak lama langsung menelurkan Album ” Jazzy Christmas” yg di garap bersama Idang rasjidi / Gerry Herb / AriefSetiadi , kali ini khusus untuk Margie Segers.

Bintang Indrianto kembali merilis album “The Sound of Belief” yang meraih sukses lewat album The Sound of Belief tahun 2004. Album beraliran fusion jazz itu diracik diramu melibatkan Dewa Budjana, IdangRasjidi, Bertha , dan Nya’ Ina Raseuki (Ubiet) dan Denny Chasmala. Musikus lain yang terlibat antara lain Dian HP, Gerry Herb, Hendri Lamiri, Mates, Sa’at, dan Rayendra Soenito.

Tahun 2005 adalah tahun membuat seorang Bintang Indrianto berbahagia, karna dia berkesempatan mewujudkan / memproduseri Album solo dari salah satu guru bermusiknya, Idang Rasjidi yang berjudul” Play At Four Season “ ,dan Album solo sang legenda Margie Segers yang berjudul ” Life ” . Di tahun yang sama , Bintang Indrianto digaet Sujiwo Tejo untuk Album ketiga yang berjudul ” Syair Dunia Maya ” dan Album ke 4 berjudul ” Yaiyo” sekaligus menjadi music director sang Dalang Edan , dengan setia menemani pentas melanglang buana, hingga saat ini.

Tak berhenti disitu, bagaikan air yang mengalir deras, Tahun 2005 dan 2006 , Bintang Indrianto menggarap 2 album jazz fenomenal , kali ini artist nya adalah pengamat politik yang juga Guitarist , Sugeng Sarjadi yaitu album ” Its Me dan Talking To You “ , dimana Bintang mewujudkan disalah satu lagunya , ada 5 gitarist berkolaborasi didalamnya yaitu Sugeng Sarjadi , Denny Chasmala , Tohpati , Balawan dan Dewa Bujana, kejadian yang sangat langka. Di tahun selanjut nya Bintang terpilih bersama 11 Bassist Indonesia lainnya, berkolaborasi disebuah album khusus Bass…berjudul ” Bass Heroes “ by Sony Music. Bintang juga mengawal sebagai Bassit nya Iwan Fals selama setahun di sebuah program salah satu TV swasta.

Tahun 2008 Bintang merilis album ke tiga “Akordeon”, berisi 9 lagu dan dibantu musisi Taufan Siswandi , Imam Garmansyah, Kiki Dunung. Kemudian dilanjutkan dgn Album solo pesinden dari kota Solo ” Sruti Respati” yang dikemas secara unik, ciri khas dari Bintang Indrianto.

Tahun 2009 Bintang Indrianto merilis album ke empat “Philosophy ABG” (Arief-Bintang-Gerry), Grup jazz ini, yang mengambil namanya dari judul album perdana mereka (“Philosophy”), terdiri dari tiga personel: Bintang Indrianto (bass), Husein Arief Setiadi (saksofon), dan Gerry Herb (drums). Di tahun ini juga Bintang merilis 2 album lainnya yaitu album ke lima “Me and Cort Basses”, album ini special dipersembahkan untuk Cort Basses yang kebetulan sebelum nya Bintang di endors oleh Cort Indonesia, dan album ke enam “Bintang Indrianto” yang berisi 9 track yang menggambarkan kehidupan di planet bumi dengan versi seorang Bintang Indrianto.

Tahun 2012 Bintang Indrianto kembali merilis album ke tujuh berjudul “February”, keunikan pada album ini seorang Bintang mulai menggunakan lyric pada beberapa lagu yang dia ciptakan sendiri. Pada album ini Bintang dibantu beberapa musisi antara lain Anda Perdana, Matthew Sayerzs, Zahra, Joel Achmad, Saad Syah, Arief Setiadi, Imam Garmansyah.

Tahun 2014 Bintang kembali merilis album ke delapan dengan kelompok bentukan nya yang terbaru dengan nama BINTANG INDRIANTO TRIO++ atau yang kini dikenal sebagai Bintang Indrianto Festival dimana Bintang berkolaborasi dengan musisi Denny Chasmala (gitaris) dan Iqball (drums), Muhamad “Madun” (gendang), Kiki Dunung (kendang, cengceng) dan Muhamad “Sophie” Sofyan (suling), Group ini sukses memeriahkan ajang Jakarta International Java Jazz Festival, Jazz Gunung dan North Sumatera Jazz Festival tahun 2014, Bintang sendiri sudah beberapa kali ikut memeriahkan ajang Jakarta International Java Jazz Festival dari tahun 2004 – 2015.

Dicuplik dari http://bintangindrianto.com/biography/

top