About

Reyog Jazz Ponorogo dibangun oleh tiga founder yaitu  Agus Setiawan Basuni, Yusuf Koen dan Syaefudin Dimyati – masing-masing merupakan profesional yang memiliki kecintaan yang sama terhadap Jazz.

Lewat diskusi yang cukup panjang Agus Setiawan Basuni yang merupakan Managing Director WartaJazz merespon undangan Bupati Ponorogo Bapak H. Ipong Muchissoni untuk melihat keelokan Telaga Ngebel dan berusaha membantu mewujudkan impian Bupati agar lokasi wisata ini lebih dikenal di kalangan pecinta wisata lokal, regional maupun nasional dan agar Ponorogo memiliki agenda wisata yang juga dilirik oleh turis mancanegara.

Setelah kurang lebih setahun persiapan, dan dengan dukungan komunitas Jazzthilan Ponorogo lahirlah Reyog Jazz Ponorogo 2017.

Pemerintah Kabupaten Ponorogo – dalam hal ini lewat Dinas Pariwisata – menjadi lokomotif sekaligus perekat antar lembaga yang ada di Ponorogo bekerjasama dengan WartaJazz yang memang merupakan organisasi yang berpengalaman dalam dunia Jazz Indonesia.

WartaJazz yang merupakan eko-sistem jazz di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 17 tahun mendukung dan mengembangkan berbagai kegiatan Jazz termasuk Festival. Menyelenggarakan Mahakam Jazz Fiesta, Balikpapan Jazz Fiesta, Ramadhan Jazz Festival, NgayogJazz dan lain-lain. Memiliki kepedulian pada pengembangan generasi muda dengan kegiatan Youth Jazz Showcase Series secara teratur, pemberdayaan komunitas dan mempromosikan talenta Indonesia ke mancanegara.

Reyog Jazz Ponorogo akan berlangsung di Telaga Ngebel Ponorogo pada hari Minggu, 22 Oktober 2017 mulai pukul 12.30 wib dan tidak dipungut biaya.

***

WartaJazz

Merupakan eko-sistem jazz di Indonesia. Lebih dari 17 tahun mendukung dan mengembangkan berbagai kegiatan Jazz termasuk Festival. Menyelenggarakan Mahakam Jazz Fiesta, Balikpapan Jazz Fiesta, Ramadhan Jazz Festival, NgayogJazz dan lain-lain. Memiliki kepedulian pada pengembangan generasi muda dengan kegiatan Youth Jazz Showcase Series secara teratur, pemberdayaan komunitas dan mempromosikan talenta Indonesia ke mancanegara.

 

Kabupaten Ponorogo

Kabupaten Ponorogo adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak di koordinat 111° 17’ – 111° 52’ BT dan 7° 49’ – 8° 20’ LS dengan ketinggian antara 92 sampai dengan 2.563 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas wilayah 1.371,78 km. Kabupaten ini terletak di sebelah barat dari provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah atau lebih tepatnya 220 km arah barat daya dari ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya. Pada tahun 2015 berdasarkan hasil Sensus Penduduk, jumlah penduduk Kabupaten Ponorogo adalah 1.130.648 jiwa.

Kabupaten Ponorogo dikenal dengan julukan Kota Reyog atau Bumi Reyog karena daerah ini merupakan daerah asal dari kesenian Reyog. Ponorogo juga dikenal sebagai Kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren, salah satu yang terkenal adalah Pondok Modern Darussalam Gontor yang terletak di desa Gontor, kecamatan Mlarak.

Setiap tahun pada bulan Suro (Muharram), Kabupaten Ponorogo mengadakan suatu rangkaian acara berupa pesta rakyat yaitu Grebeg Suro. Pada pesta rakyat ini ditampilkan berbagai macam seni dan tradisi, di antaranya Festival Reyog Nasional, Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka, dan Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel

 

top